Obyek atau Objek, Yang Benar Adalah?

Obyek atau Objek baku eyd
Yang benar dari kata obyek atau objek.
Kata obyek atau objek memiliki beberapa arti sesuai penggunaannya. Kata ini diserap dari bahasa asing yang disesuaikan dengan ejaan Indonesia. Ada yang menggunakan obyek dan banyak juga yang menggunakan kata objek. Obyek atau objek, yang benar adalah?

sebelum membahas artinya, ada baiknya dibahas dulu pengertiannya. Menurut KBBI kata objek atau obyek berarti sesuatu dapat berupa benda, orang, atau apapun yang menjadi pokok pembicaraan. Kata ini juga dapat berarti sesuatu (benda/orang) yang dijadikan sasaran untuk diteliti.

Menurut KBBI atau sesuai EYD kata yang benar antara obyek atau objek adalah objek. Jika mau memakai kata baku atau kata yang benar maka gunakanlah kata objek. Kata objek dipilih sesuai dengan kemampuan lidah Indonesia yang lebih cocok mengucapkan kata objek daripada objek.

Kata yang benar objek juga berlaku untuk kata turunan seperti objektif, objektivitas, objektivisme. Perlu dicatat juga, terdapat perbedaan penulisan antara objektif dan objektivitas. Kata objektif yang benar menggunakan huruf F. Sementara pada kata objektivitas yang benar meggunakan huruf V.

Contoh:
Perempuan selalu dijadikan objek dalam kehidupan.

Catatan Penting:
  • Mengobjek atau mengobyek, yang benar adalah mengobjek.
  • Mengobjekkan atau mengobyekan, yang benar adalah mengobjekkan.
  • Objekan atau obyekan, yang benar adalah objekan.
  • Pengobjek atau pengobyek, yang benar adalah pengobyek.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment